Diposkan oleh ono | 15 komentar

DIY Mekanik Balancing Robot = Waow....

Postingan kali ini akan membahasa mekanik balancing robot, karena sebelumnya balancing robot yang ane buat mekaniknya kurang memuaskan, so biar pergerakan dari balancing robot berjalan mulus factor mekanik yang baik mutlak harus diperhatikan. Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, mungkin ada beberapa sobat mekarobot yang kurang faham apa itu balancing robot ?....oke jawab dengan sepengetahuan ane saja, kalo salah sudi kiranya untuk dimaafkan sedangkan kalo berkenan monggo diteruskan bacanya. Balancing robot adalah robot yang dirancang dapat berdiri tegak terhadap gaya grafitasi bumi, baik itu dijalan yang datar, menanjak maupun menurun robot harus dapat berdiri tegak, dalam kasus ini balancing robot yang di buat adalah sebuah robot yang terdapat roda dikanan dan kiri yang dilengkapi dengan motor pengerak. Sedangkan untuk mendeteksi kemiringan robot mengunakan sensor gyro dan accelerometer kenapa meski sensor ini, nah untuk itu akan kita bahasa di postingan ane selanjutnya, so kali ini kita Cuma bahasa mekanik dari balancing robot aja. Langsung ke KTP aja sob, ini desain dari mekanik balancing robot yang akan dibuat.


Oke gimana sob udah ada gambaran kan bentuk dari mekanik balancing robot versi mekarobot, sebenarnya untuk membuat mekanik balancing robot sebaik harus meperhatikan titik berat (titik tumpu) dari robot tersebut. Dalam kasus balancing robot dengan 2 roda seperti diatas maka titik tumpu mekanik haruslah berada di tengah-tengah antara roda kanan dan kiri. Ini bertujuan agar sobat tidak mengalami kesulitan didalam menseting nilai kontroler PID motor nantinya. Didalam memilih motor pengerak sebaiknya motor yang telah dilengkapi dengan gear box. 
Berikut ilustrasi dari gerak balancing robot terhadap grafitasi dan medan area lantai yang dijalani.

Oke sob. biar ngak bertele-tele ini komponen-komponen pembuatan mekaniknya.
1.       2 buah motor,
2.       1 buah battery 9.6V NiCD.
3.       Baut dan mur 3mm secukupnya.
4.       2 buah roda
5.       1 akrilik 3mm. 

Nah setelah itu rangkai komponen-komponen tersebut sesuai dengan gambar desain mekanik balancing robot diatas, untuk ukuran ane serahkan ke sobat, disini ane tidak mematok nilai tertentu agar sobat bisa berkreasi dengan desain mekanik robot balancing sobat sendiri. Nah ini penampkanya sob setelah dirangkai menjadi 1.

TAAAAA DAAAAA… mekanik balancing robot versi mekarobot selesai dibuat hehe___(^_^)

Maaf sob! hasil kurangnya mulus dan rapi, maklum pake peralatan seadanya......yang penting jadi & bisa digunakan sob, nah kalo proses pembuatan mekanik udah selesai ada baiknya sobat lihat blok diagram dari balancing robot versi mekarobot sebagai gambaran saja.

Mungkin sampai disini dulu sob postingan ane kali ini dalam membahas balancing robot, semoga bermanfaat untuk sobat-sobat mekarobot semua. Oh iya untuk kelanjutan balancing robot bagian elektronik (hardware) dan bagian software akan kita bahasa lagi nanti. Akhir cerita salam kreatifitas dari mekarobot.tm

Perancangan Hardware Balancing Robot >>> Baca disini 
By : supri / mekarobot


15 comments :

  1. Replies
    1. oke gan..ni masih buat artikelnya...mau di foto2 dulu hehe

      Delete
  2. Replies
    1. ada gan...tapi ndak sekarang ...artikel masih berlanjut ke tahap pembuatan rangkaian...setelah itu baru ke pembuatan program dan pengujian robot balancing nya

      Delete

Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya