Diposkan oleh supri ono | 6 komentar

IOT (Internet Of Thing) : Kontrol Alat Via Internet interface Website, Android dan PC



Aslm.Selamat Sore sobat, lama tak bersua. kali ini saya ada produk baru yakni IOT. mungkin sobat-sobat sekalian sudah pada tahu IOT itu apa atau bahkan sudah expert dibidang itu. sebenarnya IOT merupakan konsep yang digunakan untuk menghubungkan seluruh perangkat ke jaringan internet sehingga perangkat-perangkat itu dapat di kontrol maupun di monitor keadaanya.
IOT versi saya ini masih cupu sobat jagan di bandingkan dengan fendor-fendor yang sudah mapan.. tapi tidak apa2 lah yang penting ane sudah mencoba untuk berkontribusi dalam riset ini. riset IOT sebenarnya dimulai dari baca berita di kompas kalau waktu itu CEO samsung ingin bermain di sektor IOT. nah dari situlah saya baru mulai mencari IOT itu apa? protokolnya bagaimana? konsepnya seperti apa? firewall bagaimana? seabrek-abrek pertanyaan yang timbul gara2 3 kata itu. 

perlahan tapi pasti riset IOT ini dimulai tanggal 10-Mei-2014 untuk versi 1 kelar tanggal 11 sepetember 2014, dari versi 1 di refisi beberapa kali hingga keluar versi 2 yakni tanggal 2 desember 2014...riset sempat terkendala...seluruh algoritma, code, dan resource yang lainya hilang gara-gara HD di laptop error...sempat putus asa, n mau nyerah (sakitnya tuh disini sob..sambil tepuk dada)...saya minta maaf ke temen-temen dan relasi yang sudah pesan akhirnya di cancel. mana ngak puyeng berbulan-bulan lembur akhirnya hilang bagai asap.

2 bulan berusahan untuk melupakan project itu. niat hati mau melupakan eh malah terus teringat soalnya buka FB liat status kawan-kawan pada banyak yang pada bahas IOT...sesak dada rasanya sob. belum lagi buka portal berita, xiomi, intel berencana dan telah membuat prosesor khusus untuk aplikasi IOT...makin tambah puyeng dah....kedua fendor itu mencoba membuka lembaran-lembaran  dan kenangan masa lalu saya dengna kode-kode yang hilang itu (lebay mode ON).
tanpa panjang lebar dan kebetulan ada teman baru (read:yusharnadi) yang bisa di ajak kerja sama untuk bergabung dengan team mekarobot. project IOT kembali digarap...dengan sisa-sisa modal tabungan tentunya.
4 bulan berselang akhirnya selesai. meski belum terlalu sempurna tapi sudah bekerja 100%, hanya saja proses sincronisasi butuh waktu sekitar 3 sampai 4 detik.sudah tidak bisa di cepatkan lagi sudah mentoh sob, ane nyerah kalo diminta lebih cepat lagi.
mungkin code saya yang harus di rombak atau mungkin kecepatan kontroler saya yang harus dipercepat kerjanya. 

singkat cerita code IOT butuh membengkak sampai 1.2MB. sampai buat memory overload.kontroler panas,,,akhirnya restart sediri.berguru dengan beberapa kawan senior perihal optimes RAM tapi belum dapat jalan keluar...akhirnya ane ambil kesimpulan ubah algoritma...dan lagi-lagi code di ketik dari awal sob.tapi kali ini penuh dengan semangat dan pecaya diri.


proses pembuatan code dari algoritma baru akhirnya selesai dalam waktu 2 minggu meski berdarah-darah ... ixixix. perlu saya garis bawahi IOT yang versi ini masih CUPU hanya digunakan untuk kontrol dan minitor saya tidak tidak dapat digunakan untuk ngirim suara, gambar, ataupun video streaming.
jadi tanpa panjang lebar inilah hasil kerja keras ane perangkat IOT hasil riset saya satu tahun lamanya..
biar perangkat yang dibuat bisa memberi gambarakan tentang aplikasi nya ane buat project sederhana kontrol lampu dan monitor lewat internet.ini videonya sob





Hasil dari riset IOT, ane buat dalam bentuk modul Mr.Q7 Wifi Board. untuk IDEnya bisa mengunakan IDE arduino coz didalam modul itu sebenarnya pake bootloader Arduino UNO.
modul Mr.Q7 memiliki slot alokasi memory di cloud (internet) sebanyak 20 register yang masing-masing register dapat di isi maksimum 10 karakter ..jadi dengan kata lain setiap modul dapat menyimpan data 200karakter di internet (server mekarobot). untuk melihat value dari register di cloud sob membutuhkan yang namanya software cloud monitor, jadi dengan sofware ini sobat dapat menghapus atau mengisi nilai di salah satu register.









ini bentuk webnya clientnya

http://iot-lampp.rhcloud.com/
ID:admin
pas:12345

Jika time out bisa di refresh lagi.


6 comments :

  1. server cloudnya bisa diganti pake akun buatan kita sendiri, tidak?
    minta alamat workshop mekatronika, mau kirim balik board web server. micro usb nya lepas? TERIMA KASIH. SUKSES tuk MEKATRONIKA

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Artikel-artikelnya semakin keren, Boleh minta Tutorial lengkapnya dan scriptnya soalnya masih bingung buat ngikutin projectnya, kalo bisa kirim di gmail 02rayto@gmail.com, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. gan sya punya modul nodemcu esp 8266?
    apakah agan pke kyak gni juga?

    ReplyDelete

Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya