Diposkan oleh ono | 3 komentar

Multiple Page WebServer With Android Aplication

Hello sobat gimana kabarnya. sudah lama sekali ya ane tidak buat artikel lagi....sekali lagi ane minta maaf sobat semua.karena kebetulan rejeki sedang mengalir lewat orang-orang yang mau berusaha. so singkat cerita lagi kebanjiran job lah ceritanya ni.
karena jenuh dengan rutinitas dan kerjaan maka ane mencoba untuk menghibur diri dengan buat artikel di blog jadul Mekarobot.tm. kali ini ane akan sedikit memposting hasil garapan project yang lalu-lalu
porject kali ini menyangkut WEBSERVER dimana sistem di desain dengan tampilan website dengan format HTML sederhana tanpa CSS.
untuk sisi MAC|PHYnya ane mengunakan ENC28J60 ya. mungkin sobat juga sudah pernah mengunakan IC ini. soalnya untuk masalah websever local host ini bisa dibilang sudah jadul bagi pecinta dunia elektronika khusunya kendali.
sebelum kita lebih jauh ada baiknya lihat dulu hasil garapan project Cupu bin jadul dah pokoknya jangan di tertawakan ya master-master..maklum nue juga masih dalam tahap belajar n semoga kedepanya semakin baik lagi. ni project nyontek sana sini....n sebagian besar kodingnya copy paste punya orang yang didapat hasil ngubek2 enang google. kecuali dibagian android programmingnya itu murni ane yang buat mulai dari awal...ngak copas sana sini.


sebenarnya sistem tidak hanya dibuat untuk mengontrol lampu sebanyak 8 buah..tapi juga di lengkapi dengan sensor suhu sehingga kita dapat memonitor maupun mengontrol on dan off relay tersebut. untuk rangkaian dapat dilihat seperti ini sob.


Terlihat pada bagian kontrolernya ane mengunakan IC ATMEGA1284P dengan spesifikasi 16KB SRAM dengan memory flash 12KB, 4KB EEPROM. sedangkan untuk bagian eternetnnya penulis mengunakan IC ENC28J60. untuk urusan tampilan webserver ane membuat sistem menjadi multiple page yakni terdiri dari 5 page...so biar keren aja sih sob tujuanya xxixiixix

PAGE 1 adalah page yang berisikan informasi temperatur terkini dengan rentang auto refresh page sebesar 1 detik.
Alamat URL : 192.168.1.5/?P1


PAGE 2 berisikan 4 buah tombol untuk mengontrol relay 1,2,3,4 dengan rentang auto refresh page sebesar 2 detik. maksudnya tampilan pada webserver akan di perbaharui setiap 2 detik. ini bertujuan agar ketika user mencoba untuk mengontrol relay lewat android maka status relay juga akan tampak pada webserver.
Alamat URL : 192.168.1.5/?P1

PAGE 3 sama dengan page 2 hanya saja pada page 3 relay yang dikontrol adalah relay 5.6.7.8
Alamat URL : 192.168.1.5/?P2


PAGE 3 sama dengan page 1 dan page 2 hanya saja pada page 3 hanya berisikan 1 buah tombol saja yakni tomol all oh dan All OFF secara togle
Alamat URL : 192.168.1.5/?P3


PAGE 4 nah ini adalah page yang berisikan seluruh informasi status relay maupun suhu terkini pada perangkat elektronik. tujuan dari page 4 ini nanti akan digunakan ketika android mencoba untuk mengambil data status relay maupun suhu. akan tetapi untuk page 4 merode masukanya haruslah manual karena pada page 1,2,3 tidak terdapat link yang menuju page 4. atau bisa disebut sebagai page simulaman dari gua hantu....ih seyem xixixix. 
Alamat URL : 192.168.1.5/?P4

Selanjutnya kita masuk ke android. untuk mengontrol relay maupun membaca data temperatur android haruslah terkoneksid dengan jaringan alat, dalam hal ini ane mengunakan router TPLINK.so android ke Router mengunakan wifi begitu juga komputer ke router mengunakan wifi. sedangkan alat ke router mengunakan kabel LAN via perantara ENC28J60. Koding aplikasi androidnya sangat simple sekali karena disini ane mengunakan sistem auto conect sehingga tidak perlu lagi user melakukan koneksi ke alat. jadi ketika di jalankan 2 detik kemudian aplikasi android sudah dapat melakukan komunikasi dengan alat untuk penampakan aplikasi seperti ini sob.

Tampilan masih kurang sesuai karena ketika foto diambil alat masih 95%..tapi tak apalah memperbaiki koding di android itu tidak sulit. sayang untuk video tidak ada karena kelupaan ambil videonya.
ini foto-foto projectnya sob.
  
  

Untuk Koding pada mikrokontroler maupun pada bagian android, skematic layout ebook dan yang lainya ada didalam DVD nya sob. ini penampakanya

biar pada ngak bertanya apa aja isi didalam DVDnya bisa lihat gambar ini aja sob.



So singkat Cerita isi didalam paket yang akan dikirm adalah :
1.  Rangkaian elektronika
2.  Lampu 10watt 8buah
3.  Kabel data Mikro USB
4.  Holder Lampu
5.  Router TPLINK + adaptor 9volt
6.  DVD File

Jadi bagi temen mahasiwa yang masih kesulitan dan binggung mencari judul bisa mengajukan dulu ini. mungkin di terima (sukur) kalo pun ngak diterima silahkan mengubek-ubek eang google. 
Terima kasih kepada teman-teman mekarobot yang telah mengunakan produk Android lamp Control V26.0 semoga dengan kit ini teman2 dapat membuat aplikasi android yang lebih mantap lagi. Akhir cerita salam mekarobot by supriono. Ada yang berminat SMS ke : 081253734037 / Supri

3 comments :

  1. manteeepp pri..............................

    ReplyDelete
  2. When you use a genuine service, you will be able to provide instructions, share materials and choose the formatting style. aplicativos para compra e venda

    ReplyDelete

Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya