Translate

Diposkan oleh supri ono | 0 komentar

How To Android Bluetooth Pairing

Melengkapi artikel sebelumnya, banyak dari para sobat yang masih binggung melakukan pahring Bluetooth ke perangkat lain. Pada dasarnya pharing itu dilakukan untuk mengenalkan kedua perangkat sehingga tersimpan MAC addres dari perangkat yang kan dihubungkan. Uji coba kita kali ini mengunakan smartphone android Smasung Galazy Young. Ini penampakany.

So langkah pertama pastikan perangkat Bluetooth pasa handphone sobat telah menyala, menyalakan perangkat Bluetooth dapat dilakukan dengan cara yang praktis yaitu dengan fitur notifikasi. Caranya arahkan jari sobat ke bagian atas LCD dan geser kebawah. Lihat gambar berikut.



Jika perangkat Bluetooth pada smatphone sobat telah aktif maka akan menampilkan ICO pada area status paling atas display LCD.
Setelah itu masuk ke HOME, lihat gambar dibawah:


Ketika telah masuk ke dalam Home, Cari ICON roda gigi dengan label pengaturan, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:



Klik Wireless and Networks pada bagian tampilan settings, atau lihat gambar berikut, untuk lebih jelasnya:


Langkah selanjutnya tampilan phonsel sobat akan berubah menjadi seperti ini, sehingga klik Pada bagian Pengaturan Bluetooth.



Pada tampilan pengaturan Bluetooth terdapat beberapa bagian yaitu:
Bluetooth                     : jika tercentang maka Bluetooth phonsel sobat dalam keadaan menyala
Nama Perangkat           : Menujutkkan nama perangkat Bluetooth  phonsel sobat.
Bisa Ditemukan             : Merupakan fitur untuk hide / find untuk perangkat Bluetooth phonsel kita.
Memindai Perangkat      : Berfungsi untuk mencari perangkat Bluetooth yang aktif dalam area pancar
     Bluetooth ponsel kita.
Perhatikan gambar berikut:


Proses memindai perangkat ponsel sobat akan memapilkan nama perangkat Bluetooth yang telah pahiring maupun yang belum pairing ke ponseol sobat. 
Langkah selanjutnya pilih perangkat bleutooth yang sobat akan sambungkan, dalam kasus ini ane akan melakukan phaired ke parangkat Bluetooth TV AKARI
Perangkat Bluetooth saat ini telah dilengkapi dengan security code, untuk menjamin keamanan ponsel dari para peretas. Perangkat yang ane pilih adalah Bluetooth Slave CH-06 yang telah terintegrasi dialam perangakt televise AKARI 14”. So ini penampakanya.

Setelah selesai maka stasu pada perangkat Bluetooth akan ber ubah menjadi paired.
Sampai sini secara tidak langsung sobat telah berhasil melakukan pairing perangakt Bluetooth mengunakan smatrphone android ke perangkat TV AKARI.

0 komentar :

Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya

Diposkan oleh supri ono | 7 komentar

BOOTLOADER AVR MIKROKONTROLER

Sebenarnya bootloader telah lama ada di dalam dunia mikrokontroler, hanya saja tingkat populeritasnya meningkat setelah ada project yang bernama ARDUINO, dengan bootloader kita tidak membutuhkan adapter khusus lagi untuk mendownloadkan kode program yang telah di kompile kedalam memeory mikrkontroler AVR. ini sangat berdapak pada semakin kecilnya biaya cost yang dikeluarkan untuk para penghobi dunia elektronika.
Pada dasarnya bootloader adalah program yang ditanamkan didalam mikrokontroler, yang mana program ini akan berkerja jika mikrokontroler mendapatkan sumber tegangan. saat ini telah banyak beredar bootloader yang open source salah satunya USBasp bootloader. so biar teman-teman pada kagak binggung dengan istilah bootloader, begitu juga ane pertama kali mendengar bootloader pusing 7 keliling mencari artinya apa. nah untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Secara default program akan dieksekusi pada alamat 0x0000, akan tetapi dengan bootloader kita dapat mengeset alamat untuk pertama kali program dieksekusi. untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut sob:

Gimana sudah ada gambarkan tentang bootloader kan sob.
agar proses siklus eksekusi program lebih cepat, bootloader mengunakan bahasa program asembler, so kalo sobat mau buat bootloader sendiri, ada baiknya sobat buka lagi buku-buku tentang asemblernya.
semua keluarga seri AVR dapat diprogram bootloader, akan tetapi ada berberapa seri yang telah ditanamkan bootloader didalam memorynya. program awal diatur pada fuse bit settings. proses download data flash tidak hanya dengan serial UART akan tetapi i2C,SPI dan USB, serta MMC/SD.

Sebagian besar saat ini bootloader mengunakan komunikasi COM Port dengan komputer, jika mengunakan USB to UART. untuk lebih jauh belajar tentang bootloader dapat berkunjung kesini:


Seperti halnya Virtual USB (VUSB) yang ada pada USBasp, tidak mengunakan jalur Tx/Rx lagi untuk mengirim data flash program...so didalam program bootloadernya telah tertanam library USB akses data...
Bagi sobat yang ingin berlajar USB bootloader sebaiknya sangat di anjurkan untuk membuat project sederhana dulu yaitu USB CDC sendiri...meskipun telah ada firmware di internet, tapi alangkah lebih mantap jika kita yang membuat firmware tersebut. ketika sobat telah mampu membuat USB CDC punya sobat sendiri...maka berkembangkan ke program bootloader dengan akses data lewat USB seperti program CDC...sampai sekian dulu artikel Bootloader AVR Mikrokontroler, kalo ada yang salah dari penjelasan ane diatas tolong dikoreksi ya sob..

USBasp Loader download disini

write by : supriono
email     : mekarobot.tm@gmail.com

7 komentar :

Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya

Diposkan oleh supri ono | 12 komentar

MEKAIOIO + Android Smartphone = Will be Release

Oke kali ini ane akan share hasil kerjaan dari mekarobot.tm, project ini bermula dari salah satu teman lama ane yang ingin bekerjasama untuk buat board IOIO versi indonesianya...setelah beberapa hari belajar tentang bootloader dan akhirnya project di setujui untuk masuk kedalam proses pengerjaan...tidak banyak kendala yang dihadapi. tanpa bertele tele lagi ni screenshootnya sob..


mungkin sobat ingin bertanya apa itu MEKAIOIO, MEKAIOIO itu adalah sebuah board yang berfungsi untuk menterjemahkan perintah-perintah dari phonsel android untuk di terjemahkan kedalam mikrokontroler agar dapat membaca maupun menulis pin input dan output pada mikrkontroler itu sendiri. MEKAIOIO dilengkapi dengan 2 buah komunikasi yang pertama dengan komunikasi USB dan yang kedua dengan perangkat Bluetooth...

oke gimana sob udah ada gambarankan..
Nah untuk sementara Board MEKAIOIO dapat digunakan dengan perintah Command dasar untuk mengakses data Port input dan Output. sedangkan untuk fitur lain masih dalam proses pengerjaan.

Untuk Konsep MEKAIOIO mengunakan konsep dari arduino, ini agar shield yang ada dipasaran dapat digunakan pada Board MEKAIOIO. bentuk penomeran serta konfigurasi pin pada MEKAIOIO sama dengan Ardiuno UNO..yang tentunya sobat semua sudah tidak binggung lagi mengunakanya...

MEKAIOIO dilengkapi dengan led 13 dan switch untuk mensimulasikan program sederhana sobat jika sobat tidak memiliki LCD IO shield. 

Untuk libary eclipse dan Basic4Android masih dalam proses pengerjaan, semoga dalam bulan depan ni project selesai. agar bisa digunakan untuk proses pembelajaran anak-anak SMK,SMA maupun untuk Mahasiswa. gambar dibawah ini MEKAIOIO board...

MEKAIOIO dapat digunakan untuk apa?
Itu tergantung dari imajinasi sobat...misal dengan MEKAIOIO kita mengendalikan lampu rumah lewat android, kemudian kalo MEKAIOIO juga bisa gunakan untuk menghidupkan atau mematikan mobil maupun motor sobat dengan smartphone android yang sobat gengam, next MEKAIOIO juga dapat disimpan di perangkat televisi sobat sehingga menjadi remote TV. yang jelas MEKAIOIO itu dapat diaplikasikan dimanapun dengan pengendali dari phonsel android sobat...untuk versi android sangat dianjurkan pakai versi yang ICS.

sekian semoga artikel ini bermanfaat untuk perkembangan dunia elektronika di tanah air...
writer : supriono/Mekarobot.tm


12 komentar :

Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya

Diposkan oleh supri ono | 73 komentar

Wireless Joystik PS2 + ATMega 8 + Bascom AVR = LOVE IT…

Sesuai dengan judul kita kali ini, meka akan memberikan beberapa artikel tentang interfaceing wireless joystick PS2 dengan mikrokonroler. Perkembangan dunia robotic di tanah air dalam decade ini meningkat pesat, terlebih banyak diselengarakanya iven-iven perlombaan robotic baik yang robot berkaki maupun beroda dengan sistem  otomatis dan manual. Untuk sistem yang manual diperlukan sebuah consule remote untuk mengendalikan pergerakan robot yang dibuat, so ini yang sering menjadi masalah bagi para pengila robot baik itu dari akademis ( mahasiswa) maupun bagi penghoby robotic. Pengunaan Wireless Joystik PS2 diharapkan dapat memberikan solusi bagi teman-teman kita semua, menginggat harga wireless joystick PS2 murah meriah Cuma RP.165.000,- saja. kalo masih kemahalan pake yang biasa saja harga Cuma Rp.80.000,- .
Sob mau beli Konsul joystip PS2 wireless dan biasa disini sob..
Oke kita langsung ke TKP. Ane angap soba udah punya joystick PS2 baik yang wireless maupun yang kabel. Biar ni artikel kagak membosenin ane kasi gambar aja deh.


Gimana sob udah ada gambaran kan artikel yang sob baca ini.
NEXT. Selajutnya kita masuk ke tahap berikutnya
Wireless joystick PS2 yang digunakan oleh ane buatan dari EXXEN dengan frekeunsi wireless 2.4 GHz teknologi. Untuk data pancar lumayan jauh sob…. Sekitar 18 meter masih oke… lihat gambar dibawah sob….

Sebelum masuk ke tahap interfacing, ane kanan jelaskan beberapa teori tentang PS2 Kontroler Protokol

1.  PIN KONFIGURASI dan comunication
Konfigurasi pin yang ane massud adalah wiring Conetor Joystik PS2, ini gambarnya sob

Wireless joystick PS2 mengunakan komunikasi SPI (Serial Pheripehal Interface) atau bias orang sebut sebagai 3 wire interface. 

2.   DATA PROTOKOL
Untuk berkomunikasi dengan kontroler pada joystick PS2 diperlukan beberapa proses pengiriman ID .
  •       Mikrokontroler mengirim data &H01 (start up)
  •       Setelah itu mikrokontroler mengirim data &H42 (read data)
  •       Kemudian disaat yang sama mikrokontroler akan menerima data tipe joystick yang digunakan.
                     &H41 = Konsul Digital
               &H73  = Konsul Analog
    •       Setelah itu mikrokontroler akan menerima data &H5
    •       Data byte pertama akan diterima kemudian byte kedua, setelah itu data analog 1 dan analog 2
    3.       FRAME DATA
    Pertarhatikan table dibawah …bro

    Sepintas sob sudah baca tentang perangkat joystick PS2, langkah selanjutnya kita buat rangkaiannya sob. Untuk rangkaian interface antara mikrokontroler dan joystick PS2 baik itu yang wireless maupun yang kabel sama saja. Ada beberapa referensi yang mengunakan resistor sebagai pengaman, akan tetapi ane rasa itu tidak perlu karena tegangan kerja dari kedua perangkat ini berlevelkan sama yaitu 5volt. So ketika sobat mendapatkan referensi yang mengunakan resistor jangan binggung ya..


    Kemudian dibawah ini listing programnya sob….
    '###############################################################################
    '# File Name : Joystik PS2.bas
    '# Written By : Supriono
    '# Blog       : mekatronika-corner.blogspot.com
    '# Support:   -> Sony PSX handcontroller
    '#            -> Hardware Spi functions in Bascom
    '#            -> Internal Crystal 8Mhz
    '# Pull-up   : 4.7Kohm Mosi
    '#
    '# PSX Pinout looking at the plug.
    '#         _______________________
    '# Pin 1->| o o o | o o o | o o o |
    '#         \_____________________/
    '#
    '# Pin1 = Data (PSX PAD Data Line Output)
    '# Pin2 = Command (PSX PAD Data Line Input)
    '# Pin3 = N/C No Connection
    '# Pin4 = GND Obvious
    '# Pin5 = Vcc +5Vdc Obvious
    '# Pin6 = ATT (Select)
    '# Pin7 = Clock Line
    '# Pin8 = N/C No Connection
    '# Pin9 = ACK No Connection
    '#
    '###############################################################################

    $regfile = "m8def.dat"
    $crystal = 8000000

    Deflcdchar 0 , 32 , 4 , 14 , 27 , 17 , 31 , 32 , 32       '  segitiga
    Deflcdchar 1 , 32 , 31 , 17 , 17 , 17 , 17 , 31 , 32       ' kotak
    Deflcdchar 2 , 32 , 4 , 14 , 21 , 4 , 4 , 4 , 32       ' up
    Deflcdchar 3 , 32 , 4 , 4 , 4 , 21 , 14 , 4 , 32       ' down
    Deflcdchar 4 , 32 , 4 , 2 , 31 , 2 , 4 , 32 , 32       ' kanan
    Deflcdchar 5 , 32 , 4 , 8 , 31 , 8 , 4 , 32 , 32       ' kiri

    Config Lcdpin = Pin , Db4 = Portc.3 , Db5 = Portc.2 , Db6 = Portc.1 , Db7 = Portc.0 , E = Portc.4 , Rs = Portc.5:Config Lcd = 16 * 2 : Cursor Noblink Off : Cls

    Config Spi = Hard , Interrupt = Off , Data Order = Lsb , Master = Yes , Polarity = High , Phase = 1 , Clockrate = 128 : Spiinit:Config Pinb.1 = Output : Pad_att_line Alias Portb.1

    Dim Cmdstart As Byte : Cmdstart = &H01
    Dim Cmdstatus As Byte : Cmdstatus = &H42
    Dim Joy_present As Byte , Joy_mode As Byte
    Dim Joy_byte1 As Byte , Joy_byte2 As Byte
    Dim Joy_kanan_x As Byte , Joy_kanan_y As Byte
    Dim Joy_kiri_x As Byte , Joy_kiri_y As Byte

    Key_select
    Alias Joy_byte1.0
    Key_joyr
    Alias Joy_byte1.1
    Key_joyl
    Alias Joy_byte1.2
    Key_start
    Alias Joy_byte1.3
    Key_up
    Alias Joy_byte1.4
    Key_right
    Alias Joy_byte1.5
    Key_down
    Alias Joy_byte1.6
    Key_left
    Alias Joy_byte1.7

    Key_l2 Alias Joy_byte2.0
    Key_r2
    Alias Joy_byte2.1
    Key_l1
    Alias Joy_byte2.2
    Key_r1
    Alias Joy_byte2.3
    Key_triangle
    Alias Joy_byte2.4
    Key_circle
    Alias Joy_byte2.5
    Key_x
    Alias Joy_byte2.6
    Key_square
    Alias Joy_byte2.7

    Do
      
    Waitms 100
      
    Reset Pad_att_line : Waitus 10
      
    Spiout Cmdstart , 1
       Joy_mode
    = Spimove(cmdstatus)        '
      
    Spiin Joy_present , 1
      
    Spiin Joy_byte1 , 1
      
    Spiin Joy_byte2 , 1
      
    Spiin Joy_kanan_x , 1
      
    Spiin Joy_kanan_y , 1
      
    Spiin Joy_kiri_x , 1
      
    Spiin Joy_kiri_y , 1
      
    Set Pad_att_line : Waitus 10

      
    Upperline : Lcd "X" ; Key_x ; " O" ; Key_circle ; " " ; Chr(0) ; Key_triangle ; " " ; Chr(1) ; Key_square
      
    Lowerline : Lcd Chr(2) ; Key_up ; " " ; Chr(3) ; Key_down ; " " ; Chr(4) ; Key_right ; " " ; Chr(5) ; Key_left
    Loop



    Pengunaan joystick PS2 biasa (kabel) dapat langsung dihubungkan dengan mikrokontroler dan dapat digunakan joystiknya. Sedangkan untuk yang versi wireless terlebih dahulu kita harus mengkoneksikan perangkat penerima dengan pengirim dengan menekan tombol scan pada receiver modul tau menekan tombol FC pada joystik. Lebih mudah pake gambar aja ya sob…look at the picture below................(sok  inggris)…hahahahha

    Untuk lebih lengkap prosedur koneksi seperti ini:
          1.       Tekan tombol Scan pada receiver modul
          2.       Untuk mengkoneksikan joystick dengan receiver modul dapat langsung menekan tombol FC
          3.       Sedangkan untuk memutuskan koneksi tekan tombol FC sekali lagi.
          4.       Lampu indicator pada receiver modul akan berkedip jika tidak terkoneksi dengan joystick
          5.       Penekan tombol scan juga berfunsi untuk mereset komunikasi, jika terjadi error penerimaan data.

          Sedangkan untuk penampakan hasil dari ekperimen kita kali ini sudah ane lihat kan pada gambar yang paling atas…tapi ngak apa deh tak kasi gambar lagi biar puas…puas..puas…. tukul punya cerita.


    write by : supriono / mekarobot.tm@gmail.com
     
    Wireless joystik PS2 2.4GHz : RP.160.000,-
    Availble colour  : RED/BLUE

    Telp : 081253734037 / Supri




    73 komentar :

    Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya