Diposkan oleh supri ono | 12 komentar

MEKAIOIO + Android Smartphone = Will be Release

Oke kali ini ane akan share hasil kerjaan dari mekarobot.tm, project ini bermula dari salah satu teman lama ane yang ingin bekerjasama untuk buat board IOIO versi indonesianya...setelah beberapa hari belajar tentang bootloader dan akhirnya project di setujui untuk masuk kedalam proses pengerjaan...tidak banyak kendala yang dihadapi. tanpa bertele tele lagi ni screenshootnya sob..


mungkin sobat ingin bertanya apa itu MEKAIOIO, MEKAIOIO itu adalah sebuah board yang berfungsi untuk menterjemahkan perintah-perintah dari phonsel android untuk di terjemahkan kedalam mikrokontroler agar dapat membaca maupun menulis pin input dan output pada mikrkontroler itu sendiri. MEKAIOIO dilengkapi dengan 2 buah komunikasi yang pertama dengan komunikasi USB dan yang kedua dengan perangkat Bluetooth...

oke gimana sob udah ada gambarankan..
Nah untuk sementara Board MEKAIOIO dapat digunakan dengan perintah Command dasar untuk mengakses data Port input dan Output. sedangkan untuk fitur lain masih dalam proses pengerjaan.

Untuk Konsep MEKAIOIO mengunakan konsep dari arduino, ini agar shield yang ada dipasaran dapat digunakan pada Board MEKAIOIO. bentuk penomeran serta konfigurasi pin pada MEKAIOIO sama dengan Ardiuno UNO..yang tentunya sobat semua sudah tidak binggung lagi mengunakanya...

MEKAIOIO dilengkapi dengan led 13 dan switch untuk mensimulasikan program sederhana sobat jika sobat tidak memiliki LCD IO shield. 

Untuk libary eclipse dan Basic4Android masih dalam proses pengerjaan, semoga dalam bulan depan ni project selesai. agar bisa digunakan untuk proses pembelajaran anak-anak SMK,SMA maupun untuk Mahasiswa. gambar dibawah ini MEKAIOIO board...

MEKAIOIO dapat digunakan untuk apa?
Itu tergantung dari imajinasi sobat...misal dengan MEKAIOIO kita mengendalikan lampu rumah lewat android, kemudian kalo MEKAIOIO juga bisa gunakan untuk menghidupkan atau mematikan mobil maupun motor sobat dengan smartphone android yang sobat gengam, next MEKAIOIO juga dapat disimpan di perangkat televisi sobat sehingga menjadi remote TV. yang jelas MEKAIOIO itu dapat diaplikasikan dimanapun dengan pengendali dari phonsel android sobat...untuk versi android sangat dianjurkan pakai versi yang ICS.

sekian semoga artikel ini bermanfaat untuk perkembangan dunia elektronika di tanah air...
writer : supriono/Mekarobot.tm


12 comments :

  1. bisa mesen gak mas untuk MEKAIOIO nya ?
    lagi butuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu gan..ada beberapa buq yang harus di betulkan..n PCB juga masih belum sempat di pesan...ini pasih dalam tahap beta,
      ntar kalo udah realeas PCBnya pake FR4 masking

      Delete
  2. menarik sekali mas, untuk hp androidnya harus merk khusus, apa semua hp yang ber OS android bisa digunakan ?

    ReplyDelete
  3. pengen belajar ni gan punya skema nya ga gan?? apa beli dimana??plz bantu ya. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane buat sendiri gan...masih ada beberapa bugnya...kemarin udah di test sama teman2, tapi karena bugnya masih banyak jadi saat ini MEKAIOIO di perbaiki BUG errornya dulu

      Delete
  4. keren bngt gan. itu pake komunikasi serial mas?

    ReplyDelete
  5. belajar dr link mana ? biar bisa buat mekaIOIO ? bantuin plz. . .pengen riset ky gini juga. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak gan...agan harus mulai belajar cara buat aplikasi di android OS ntar dari sana agan pasti tahu dengan permision di android OS. semoga membantu

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. lo uda tersedia kabari ane y gan
    exessive.99@gmail.com

    ReplyDelete

Yang sopan.... Sob biar ngak di delete commentnya